About

Gua adalah sosok orang sederhana yang mencoba untuk bangkit dari setiap keterpurukan, dengan goresan dan ilmu sederhana,, gw mencoba berbagi walau catatan ini tak sempuran, sedikit demi sedikit gw yakin suatu saat nanti kalian semua membutuhkannya,, i am no perfect itulah gw yang mencoba menjadi sempurna, hidup memang adalah perjuangan tapi gw tak selalu berharap dengan semua harapan yang ada pada diri gwm kalau itu emang sudah takdir buat gw, dia akan datang dengan sendirinya,so lu sabar kita sadar lu benar kita damai... Read more about me »

Download Film GratiZ

Download Fim Gratissss Featured Work

Keep in touch

RSS Feed Twitter Facebook

Subscribe via email

Mekatonik VS Robotik

Kamis, 12 Juli 2012
Mekatonik vs Robotik
Mekatonik adlah istilah umum yang jadi popular seiring dengan perkembangan pada mekatonik dan elektronik,mekatonik terdiri dari 4 disiplin ilmu yaitu : Makanik,Elektronik teknologi control berbasis prosesor dan Pemrograman,jadi sebuah produk mekatonik belum tentu robotic namun robotic adalah bagian dari mekatonik. Pemeliharaan di bidang mekatonik hamper tidak bisa dipisahkan dengan penelitian di bidang robotic itu sendiri.
Desain pada robot beroriantasi pada system robot itu sendiri,diantaranya :
• System kontroler adalah rangkaian yang setidak-tidaknya terdiri dari rangkaian proses ( cpu,memory,komponen interface input/output) signal conditioning untuk sensor (analog atau digital) dan driver untuk actuator. Bila diperlukan dapat di lengkapi dengan system monitor seperti seven segment,LCD atau LRT.
• Mekanik robot adalah system mekanik yang dapat terdiri dari setidaknya sebuah fungsi gerak. Jumlah fungsi gerak disebut sebagai derajat kebebasan atau Degree Of Fredom (DOF) sebuah sendi yang di wakili oleh sebuah gerak actuator disebut sebagai satu DOF,sedangkan derajat kebebasan pada struktur roda dan kaki di ukur bedasarkan fungsi holonomic atau non holonomic.
• Sensor adalah perangakt atau komponen yang berfungsi mendeteksi hasil gerak atau fenomena lingkunagan yang diperlukan oleh system kontroler. Dapat dibuat dari system yang paling sederhana seperti sensor on/off menggunakan limit switch analog,system bus parallel system bus serial sehingga system mata kamera.
• Akuator adalah perangkat elektronik yang menghasilkan daya gerak. Dapat dibuat dari system motor listrik ( motor DC permanent magnet,brush less,shunt dan series),motor DC servo,motor DC stepper,ultrasonic motor,linier motor,torgent motor solenoid,dsb. System prakmatik ( perangkat kompersi berbasis udara atau gas nitrogen) dan perangkat hidrolik ( berbasis bahan cair seperti oli) untuk meningkatkan kerja tenaga mekanikaktuator atau torsi gerakan dapat dipasang gear boxes,baik system direct gear ( system lurus,system ohmic/worm gear,dsb.
• Sistema roda adalah mekanik yang menggerakan robot untuk berpindah posisi,dapat terdiri dari sedikitnya sebuah roda penggerak (drive dan Stear) dua roda difforensial (kiri/kanan independent ataupun system belt seperti tank) tiga roda Synchro drive atau system holonomic ,empat roda (acketman model)
• System kaki pada dasarnya gerakan “roda” yang di desain sedemikian rupa hingga memiliki kemampuan gerak seperti makhluk hidup
• System tangan adalah bagian atau anggota badan robot,bagian tangan ini dikenal sebagai manipulator yaitu system gerak yang berfungsi untuk manipulasi
• Real world adalah dunia nyata yang didefinisikan sebagai daerah kerja pada robot
Produk – Produk Mekatonik antaralain :
- Mesin cuci
- CD/DVD/video/casate player
- Print otomatis
- Escalator
- Walkman
- Vacum cleaner
- Lift
- Mesin fotocopy
- Dan lain - lain

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates