About

Gua adalah sosok orang sederhana yang mencoba untuk bangkit dari setiap keterpurukan, dengan goresan dan ilmu sederhana,, gw mencoba berbagi walau catatan ini tak sempuran, sedikit demi sedikit gw yakin suatu saat nanti kalian semua membutuhkannya,, i am no perfect itulah gw yang mencoba menjadi sempurna, hidup memang adalah perjuangan tapi gw tak selalu berharap dengan semua harapan yang ada pada diri gwm kalau itu emang sudah takdir buat gw, dia akan datang dengan sendirinya,so lu sabar kita sadar lu benar kita damai... Read more about me »

Download Film GratiZ

Download Fim Gratissss Featured Work

Keep in touch

RSS Feed Twitter Facebook

Subscribe via email

Tugas Proposal

Rabu, 08 Juni 2011

Proposal Usaha

“WARNET”

Rio Widi Kurniawan : 43109300

Andryan Norman Syarki : 41109644

Proposal ini di susun untuk memenuhi tugas kuliah

Proposal pembuatan usaha

Fakultas Ilmu Komputer

“ Teknik Komputer D3 ”

UNIVERSITAS GUNADARMA

Kata Pengantar

Usaha kecil menengah dalam pengembangannya diperlukan studi kelayakan proyek walau dalam skala kecil dan sederhana. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyediaan modal yang berlebihan.

Selain studi kelayakan,diperlukan juga riset pemasaran beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam riset pemasaran antara lain budya setempat,sosial ekonomi,pribadi,dan aspek psikologis konsumen.

Dengan memperhatikan studi kelayakan proyek dan riset pemasarannya dapat ditentukan jenis usaha apa atau produk apa yang akan dikerjakan. Demikian resiko kegagaan dapat ditekan seminimal mungkin.

Jakarta,5 juni 2011

Bab I

Pendahuluan

1.1 Tujuan pembuatan usaha

Seiring dengan perkembangan teknologi Internet yang sangat pesat dan dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga dan untuk mengurangi jumlah pengangguran. Diharapkan usaha tersebut mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja potensial yang saat ini jumlahnya sangat melimpah,baik itu angkatan kerja baru maupun angkatan kerja lama.

Dengan demikian tujuan dari usaha ini ada dua yaitu dari aspek ekonomi dan dari aspek sosial. Aspek ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan. Adapun aspek sosial adalah untuk membantu masyarakatdalam mengatasi pengangguran.

1.2 Studi kelayakan usaha

Dari pengamatan langsung dan dari data jumlah pengguna “Warnet (warung internet)” yang berkunjung kewarnet yang lebih dulu memulai usaha,rata-rata pengunjung atau pengguna warnet setiap hari mencapai lebih dari 20 orang,dapat di ambil kesimpulan usaha warnet cukup banyak peminatnya dan dari segi ekonomi layak untuk dijadikan usaha.

Modal yang akan dikeluarkan untuk membuka usaha “Warnet (warung internet)” sebagai berikut :

1. Harga computer 5 unit @ Rp 5.000.000 = Rp 20.000.000

2. Meja server 1 unit = Rp 500.000

3. AC 2 unit @ Rp 2.000.000 = Rp 4.000.000

4. Meja computer 4 unit @ Rp 500.000 = Rp 2.000.000

5. Perizinan usaha = Rp 20.000.000

6. Sewa toko = Rp 4.000.000

7. Listrik = Rp 500.000

8. Gaji karyawan = Rp 500.000

9. Speedy/Telkom = Rp 3.000.000

10. Lain – lain = Rp 500.000

Jumlah = Rp 55.000.000

Bab II

Pengembangan Usaha

2.1 Konsep Usaha

Konsep usaha yang ditawarkan sebenarnya tidak jauh berbeda dari konsep usaha yang telah ditawarkan oleh mereka yang telah membuka usaha “watnet (warung internet)” telebih dulu. Dengan memberikan atau menawarkan jasa seperti : pengetikan,browser internet,game online dan lain- lain.

2.2 Pengembangan Usaha

Pengembangan usaha ke depan untuk usaha “watnet (warung internet )” ini cukup menjanjikan mengingat semakin pesatnya perkembangan internet di Indonesia. Ada beberapa kemungkinan yang dapat di kembangkan dalam usaha ini seperti : penambahan beberapa unit computer dan bila di anggap perlu membuka cabang usaha ini di tempat lain.

Bab III

Promosi dan Tempat Usaha

3.1 Promosi

Untuk usaha jasa warnet ini,media promosi yang tepat sebenarnya adalah promosi langsung ke konsumen. Caranya seperti memberikan paket – paket Internet dengan harga yang culup terjangkau oleh kalangan remaja,karna target utama dari usaha warnet ini adalah para remaja,siswa sekolah dan para mahasiswa.

3.2 Tempat Usaha

Tempat yang cocok untuk usaha ini sebaiknya di pilih tempat yang benar – benar strategis. Pemilihan tempat yang tepat akan sedikit banyak mempengaruhi konsumen yang datang,tempat yang strategis seperti : dekat dengan sekolah atau tempat perkuliahan dan bisa juga di pemukiman yang cukup padat atau dipinggir jalan.

Bab IV

Penutup

Dalam melakukan usaha dituntut serius dan fokus,kita tidak bisa memulai bisnis dengan setengah – setengah meskipun usaha tersebut hanya usaha sampingan. Kegagalan berusaha sebenaynya bukan disebabkan dari orang lain,tetapi berasal dari diri kita sendiri. Dengan demikian ketentuan dalam menjalankannya adalah suatu keharusan. Perhitungan – perhitungan yang matang selayaknya dilakukan di awal memulai usaha karena sekali kita salah dalam perhitungan awal,yang terjadi adalah efek berantai dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan ,sementara modal lama kelamaan tersedot habis. Oleh karena itu jika kita ingin memulai usaha,belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilih mana yang pas dan mana yang kurang.

Dengan demikian kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates