About

Gua adalah sosok orang sederhana yang mencoba untuk bangkit dari setiap keterpurukan, dengan goresan dan ilmu sederhana,, gw mencoba berbagi walau catatan ini tak sempuran, sedikit demi sedikit gw yakin suatu saat nanti kalian semua membutuhkannya,, i am no perfect itulah gw yang mencoba menjadi sempurna, hidup memang adalah perjuangan tapi gw tak selalu berharap dengan semua harapan yang ada pada diri gwm kalau itu emang sudah takdir buat gw, dia akan datang dengan sendirinya,so lu sabar kita sadar lu benar kita damai... Read more about me »

Download Film GratiZ

Download Fim Gratissss Featured Work

Keep in touch

RSS Feed Twitter Facebook

Subscribe via email

Pengertian menejemen proyek dan resiko

Minggu, 28 November 2010

A. Pengertian proyek

Proyek merupakan suatu tugas yang perlu dirumuskan untuk mencapai sasaran yang dinyatakan secara kongkrit serta harus diselesaikan dalam suatu periode tertentu dengan menggunakan yenaga manusia dan alat yang terbatas dan begitu kompleks sehingga dibutuhkan pengelolaan dan kerjasama yang berbeda dari yang biasanya digunakan.

Menurut DI Cleland dan Wr.king (1987),proyek merupakan gabungan dari berbagai sumberdaya yang dihimpun dalam organisasi sementara untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut H.kurzen (1982),menejemen proyek adalah merancang,menyusun organisasi,memimpin dan mengendalikan sumberdaya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan.

Secara umum pengertian manajemen proyrk adalah suatu usaha merancang,mengorganisasikan,mengarahkan dan mengawasi kegiatan dalam proyek sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jadwal waktu dan anggaran yang telah ditetapkan.

B. Syarat – syarat dasar peroyek

1. Mengajukan usulan untuk menggnakan waktu dan factor proyek.

2. Mendapat persetujuan dari yang berwenang (yang menawarkan proyek).

3. Memperoleh kesediaan untuk bekerja sama.

4. Adanya alat pengawasan dan ruangan.

5. Adanya rekan kerja proyek yang memberikan saham (sumbangan) pada perumusan dan perancangan proyek.

C. Cirri –ciri proyek

1. Sasaran jelas.

2. Sasaran diarahkan pada suatu perubahan atau pembaruan

3. Sasaran terjadi hanya satu kali.

4. Adanya batasan awal dan akhir.

5. Proyek bersifat antar disiplin.

6. Penentuan tanggung jawab yang dibatasi untuk merealisasikan .

7. Adanya batasan yenaga kerja yang tersedia.

8. Adanya anggaran dan batasan terhadap biaya – biaya.

9. Pertanggungkawaban yang dibatasi untuk merelisasikan proyek.

10. DLL.


Kegiatan proyek biasanya dilakukan untuk berbagai bidang antara lain sebagai berikut :

  • Pembangunan fasilitas baru artinya merupakan kegiatan yang benar - benar baru dan belum pernah ada sebelumnya,sehingga ada penambahan fasilitas baru.
  • Penelitian dan pengembangan ,merupakan kegitan penelitian yang dilakukan untuk suatu fenomena yang muncul dimasyarakat.
  • Perbaikan fasilitas yang sudah ada sebelumnya,artinya sudah ada kegiatan sebelumnya,namun perlu dilakukan penambahan atau perbaikan yang diinginkan.
Menejemen resiko adalah proses pengukuran atau penilaian resiko serta pengembangan strategi dan pengelolaannya.

sumber : Buku pengantar menajemen proyek,UNIVERSITAS GUNADARMA

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates